Posted by : Viie shop Sunday 3 June 2012



3D dalam Genggaman
Tekan gas dalam-dalam dan Anda pun seperti masuk ke dalam layar. Itulah efek tiga dimensi keren yang bisa Anda dapat di LG Optimus 3D ini.
Di dunia smartphone, evolusi menarik yang terjadi adalah perubahan teknologi layar yang digunakan. Hal ini terutama terlihat pada kubu Android, ketika jenis displai canggih seperti IPS dan AMOLED digunakan untuk menghasilkan kualitas gambar memukau. Namun ketika persaingan masih seru, LG menaikkan level kompetisi dengan menghadirkan LG Optimus 3D.
Sesuai nama, Optimus dengan kode P920 ini memiliki layar yang mampu menampilkan tampilan 3D. Lebih tepatnya glasses-free 3D atau tampilan tiga dimensi yang bisa dinikmati tanpa menggunakan kacamata. Meskipun sebenarnya Optimus 3D juga menggunakan panel IPS untuk layarnya, LG meletakkan lagi sebuah lapisan yang disebut parallax barrier yang bertujuan untuk menampilkan tiga dimensi (stereoscopic) di layar tersebut.
Sedikit menjelaskan, parallax barrier merupakan lapisan dengan serangkaian celah presisi, sehingga setiap mata melihat piksel yang berbeda. Perbedaan gambar yang ditangkap mata kanan dan kiri itulah yang membentuk efek 3D di otak pengguna. Karena tidak membutuhkan kacamata, teknologi parallax barrier belakangan mulai populer, tercermin dari banyaknya perangkat yang mengadopsi seperti Nintendo 3DS dan LG Optimus 3D ini.
Namun karena cara kerjanya membutuhkan sudut pandang yang presisi agar mata kanan dan kiri mendapatkan gambar berbeda, teknologi parallax barrier memang memiliki keterbatasan. Contohnya, efek tiga dimensi di Optimus 3D hanya dinikmati pada orientasi landscape—tidakportrait. Selain itu, Anda harus bereksperimen dengan sudut pandang serta  jarak mata ke layar untuk mendapatkan efek tiga dimensi yang maksimal.
Tiap orang akan memiliki sudut pandang dan jarak yang berbeda untuk dapat merasakan efeknya. Namun pada dasarnya, menatap layar Optimus 3D tegak lurus merupakan langkah awal, selanjutnya tinggal menyesuaikan lagi sedikit seperti sedikit miring kiri atau kanan. Karena desain filter tersebut, sudut horizontal cukup krusial dibandingkan dengan sudut vertikalnya. Kalau Anda tidak berada pada sudut yang pas, gambar akan terlihat berbayang seperti melihat tampilan 3D di TV tanpa kacamata.
Di Optimus 3D, LG telah menyiapkan sejumlah konten khusus 3D yang dikelompokkan dalam 3D Application pada menu utama. Isinya cukup beragam mulai dari video, galeri gambar khusus 3D, serta beberapa game. Tak lupa juga ada 3D Guide yang berisi sedikit petunjuk untuk memaksimalkan fungsi 3D pada smartphone ini. Perlu dicatat kalau tampilan utama di Optimus 3D tetap seperti biasa (2 dimensi). Layar secara otomatis akan berubah ke tampilan 3D jika mendeteksi aplikasi atau konten yang mengandung 3D.
Anda juga bisa memproduksi konten 3D sendiri menggunakan Optimus 3D. Berbekal kamera lensa ganda/stereoscopic, Anda tidak hanya bisa mengambil foto tapi juga merekam video 3D dengan resolusi HD 720p. Yang perlu diperhatikan adalah jika Anda kemudian memutuskan untuk mentransfer dan menyimpan foto atau video hasil kameranya, pastikan Anda juga memiliki perangkat displai 3D seperti monitor atau 3DTV. Ini karena format yang dihasilkan juga khusus, JPS untuk foto dan MP4 side-by-side untuk video.
Selain mendukung modus stereoscopic, kamera ini tentunya juga bisa digunakan layaknya kamera smartphone biasa. Resolusi sebesar 5 megapiksel untuk foto dan Full-HD 1080p untuk videonya. Kami agak heran ketika mengetahui bahwa jika digunakan untuk mengambil gambar 3D resolusi fotonya turun jadi 3 megapiksel saja. Sementara untuk encoding video dalam format 3D memang hanya mendukung sampai 720p dikarenakan kemampuan prosesornya.
Tapi hal ini bukan berarti prosesor yang digunakan oleh Optimus 3D ini lemah. OMAP 4430 besutan Texas Instrument (TI) ini sudah memiliki inti ganda (dual core) berbasis ARM Cortex A9 dengan kecepatan 1 GHz. Di dalamnya juga tertanam chip grafis PowerVR SGX540. Chipini sebenarnya tidak baru, namun implementasi SGX540 pada OMAP 4430 berbeda karena ada peningkatan hingga 50% dari sisi kecepatan. Alhasil, SGX540 milik OMAP 4430 memiliki kinerja lebih tinggi dibandingkan SGX540 yang lainnya.
Beralih ke urusan multimedia, Optimus 3D layak mendapat acungan jempol saat memutar konten digital terutama video. Optimus 3D bisa memutar hampir semua format digital yang ada bahkan tanpa konversi. Kami berhasil mengajaknya memainkan video dengan bitrate 35 Mbps, 1080p dan ekstensi mkv. Ya, cukup mengejutkan bahwa smartphone ini dapat memainkan file mkv tanpa perlu konversi. Sayang, kualitas keluaran speaker di belakang bodinya terbilang cukup saja.
(Karuna) 
****
Kehadiran Optimus 3D sebagai ponsel 3D pertama cukup menggebrak. Di tengah ramainya persaingan Android, LG hadir dengan sesuatu yang berbeda. Daya tarik utamanya adalah layar yang bisa menampilkan tampilan 3D tanpa kacamata. Ketika mendapatkan posisi yang tepat, efek 3D yang dihasilkan begitu terasa. Sementara dari sisi performa, Optimus 3D tetap menjanjikan. Dengan prosesor dual-core dan grafis mumpunismartphone ini tidak kesulitan menangani hampir semua jenis aplikasi yang dipasang di dalamnya.
 
Hasil Pengujian Masih sama-sama menggunakan Android 2.2 (Froyo), Optimus 3D memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan Optimus 2x yang juga menggunakan prosesor dual-core. Karena perubahan standar aplikasi benchmark, ada beberapa benchmark milik Optimus 2x yang tidak dapat kami tampilkan di sini karena sudah tidak relevan.

LG Optimus 3D
LG Optimus 2x
Quadrant Advanced Total
2854
2664
Linpack Single Thread
43.25 MFLOPS
37.062 MFLOPS
Multi Thread
70.30 MFLOPS
-
Smartbench 2011 Productivity
2962
-
Smartbench 2011 Games
2801
-

Spesifikasi LG Optimus 3D
Prosesor
TI OMAP 4430 1.0 Ghz Dual Core
RAM
512 MB
Kartu Grafis
PowerVR SGX540
Internal Storage
8 GB
Wireless
802.11b/g/n WLAN, Bluetooth, GPS
Kamera
Belakang : Stereoscopic 5 Megapiksel,
Depan : VGA
Lain – Lain
DLNA, Wi-Fi hotspot, Gyrosensor, Motion Gesture, HDMI 1.4
Layar
Glasses Free 3D IPS LCD 4.3” 480x800 piksel
Bobot
168 gram
Sistem Operasi
Android 2.2
Garansi
1 Tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp.5,5 juta
* LG Electronics Indonesia, (021)5366-0309/5366-0789; Minggu kedua Juni 2011




Kamera 
Inilah “mata” Optimus 3D. Stereoscopic kamera untuk menangkap foto/video dalam format 3D.




Port Micro HDMI 
Bersebelahan dengan Micro USB terdapatport micro HDMI dengan dukungan standar 1.4a untuk keluaran sinyal 3D ke TV yang mendukung.




Tombol 3D 
Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan/mematikan modus 3D pada aplikasi yang mendukung feature. ini.


Plus     : Kinerja Tinggi, Tampilan 3D, Multimedia Handal
Minus : Kualitas kamera, Masih Android 2.2

Skor Penilaian
- Kinerja            : 4,5
- Fasilitas         : 4,25
- Penggunaan  : 4
- Harga             : 3,5
 -Skor total       : 4,06

Leave a Reply

Thanks For Read This Post

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Follow On Instagram

Instagram

App For Smartphones

Followers

- Copyright © 2016 YuanNoeWars Tech** -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -